Beef Steak Praktis ala Bunda


Ini saya nyoba bikin beef steak tapi bumbu dan cara masaknya ala saya. Bener-bener tanpa mencontek resep. Saya sebut praktis atau instant karena emang masaknya cepet asalkan pake kompor dua tungku yaaa.. sukur-sukur empat tungku, pasti bisa lebih cepet.. *yang dua tungku lainnya pinjem punya tetangga 😛

 

Bahan

Jelas pake daging sapi dong yaaa.. bisa beli kiloan (dipotong fillet melebar), bisa beli yang udah kemasan di supermarket, yang khusus untuk dibuat steak. Untuk pelengkapnya ada kentang, buncis, wortel, dan jagung manis. Banyaknya sesuai selera

 

Bumbu

Masak apa aja pasti butuh garem kan.. hehe

Siapin ini nih: ½ sdt pala bubuk, ½ sdt merica bubuk, sejimpit gula pasir, ½ butir bawang bombay iris tipis, 2 sdm saos tomat, 1 sdm kecap manis, 1 sdm tepung maizena, 300 ml air dan minyak goreng/margarine secukupnya. Udah itu aja!! 😀
image

 

Cara Masak

Daging ditaburi sejimpit garem halus dan sejimpit merica bubuk sambil dipukul-pukul (pake palu khusus daging) kalau saya sih pake ulekan (Jawa: munthu)

diamkan selama 5 menit bersama beberapa potongan nanas.

Panaskan air utk merebus sayuran, setengah mateng aja biar gak ilang vitaminnya.

 

Sambil nunggu rebus-merebus, kupas dan potong kentang terus digoreng.

Setelah daging didiamkan 5 menit, goreng pake wajan anti lengket pake minyak goreng atau bisa juga pakai 1 sdm margarine. Kalau mau dipanggang lebih enak.

 

Bikin saosnya gampang banget nih! Bawang bombay ditumis, tuang tepung maizena yang udah dilarutkan dengan 300 ml air, masukkan saos tomat, kecap manis, garam, merica, pala bubuk dan sejimpit gula pasir. Terakhir, koreksi rasa. Jadi deh, tinggal ditata di piring terus siram daging pake saosnya tadi.

 

image
Note: Itu saosnya cocok buat macem-macem masakan loh!! Selamat mencoba 🙂

 

 

Iklan

60 thoughts on “Beef Steak Praktis ala Bunda

    1. mbak El posting resep masakan juga dong, biar kt saling mengileri *bahasanya geje bgt 😀

      kalo suamiku pas makan steak ini sih bilang enak mbak.. tp wajahnya agak mencurigakan… huahahaha

      1. kenapa nggak kamu yg pasang posting masakan di blogku bun ? jasi penulis tamu gitu, soalnya belum pernah ada yg posting ttg masakan, pasti byk yg suka deh, ntar terkenal lho krn masakannya 😛 *ngompori*

    1. sengaja ini.. balas dendam ke temen-temen yg demen bgt posting makanan enak-enak 😛

      saosnya gampang bgt itu Erit.. dipake buat makan jamur crispy oke.. ayam crispy boleh.. tempe atau tahu crispy juga cucok.. 😀

    1. he’em mbak Luk.. gampil.. gampil.. gampil.. *kek di Sketsa 😀
      itu biar lebih empuk, dagingnya bisa gak perlu direbus, tapi direndem air perasan buah nanas trs langsung dipanggang aja

    1. wahaaaa…. emang mbak Nisa tau rasanya.. cmn tampilannya aja tuh yg enak, soal rasa gak usah tanya yaaaa… haha 😛
      boleh juga idenya mbak, bsk deh klo dah punya modal ta buka warung steak, mbak Nisa yg pertama beli yaaaa… hihi

    1. hahaiyaaa mbak Ika, kan aku baru nyoba.. takaran bumbunya jg cmn coba2 😀

      buat yg udah terbiasa masak pasti bisa kira-kira…
      dikasihnya sejimpit2 dulu aja mbak Ika.. hehe
      Itu mericanya pke yg bubuk yaaa *yaaiyaalah 😀

    1. Ryan vegetarian ya? Temenku dr Unsoed dulu, Buddhist jg, dia jd vegetarian katanya krn dlm agamanya diajarkan hrs saling mengasihi sesama makhluk ciptaan Tuhan jd dia gak tega makan ‘sesama’ 🙂
      that sounds great!

      1. aku gak vegi kok bunda. tapi sekarang gak makan daging sapi. untuk sekarang. gak tahu deh kalau nanti.
        lebih ke alasan kesehatan juga sih.

  1. Teteh kalau bikin Steak ngga pernah direbus, langsung dipanggang saja, lalu setelah matang atasnya kasih butter yg pakai rempah…hhmmm jadi pengen deh 🙂

  2. hallo bunda.. bun, sherryl mau tanya dong,, kira2 dagingnya direbus sama dogorengnya berapa lama ya ? dan kalau kentangnya ggak direbus dulu dan langsung di digoreng apa ggak alot ya kentangnya bun ??
    Nice to meet you Bun..

    1. Hi Sherryl! Krn itu aku masaknya asal-asalan alias ngawur, jd aku gak inget ngrebus and gorengnya brp lama.. 😀
      Klo gak salah sih sekitar 15 menit.
      Tips dr aku, mending gak usah direbus, direndam perasan air nanas aja sekitar 15 menit trs langsung digoreng atau dipanggang, bentar aja sampai kecoklatan.
      Kentang gak perlu direbus dulu, asal digoreng di minyak yg banyak (kentang mengapung) pasti bisa mateng sempurna. Selamat mencoba! 🙂

  3. Yook temen temen yang mau usaha kuliner terutama yg mau bukak waroeng seteakkkkkk kami menyediakan berbagai macam jenis ddan ukuran hot plate steak
    Kepala sapi
    Ayam
    Oval
    Bulat
    Dll
    PRODUKSI SENDIRI ,HARGA PRODUKSI
    CP.085799051457 BISA WA
    CEK DI OLX HOT PLATE STEAK (SIGIT HOT PLATE ),BLOK :HOT PLATE STEAK HAKO
    PRODUKSI JOGJA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s