Resep Kue Bolu tanpa Takaran Timbangan


image

BOLU JADUL

Resep ini cocok dipraktekan utk yg sedang belajar bikin kue krn bahannya yg minimalis, jd kalopun gagal gak sayang dan kuenya ttp enak dimakan. Total saya bikin satu resep ini biayanya sekitar 10 ribu rupiah saja!! dan untuk rasa, malaikat juga tahu, makanan homemade lahhh juaranyaaaaa!! *nyanyik* :p

Pertama:
Lelehkan 6 sdm margarin. Ayak 1.5 cup (gelas belimbing) tepung terigu kmd campur dg 1 sdt baking soda, 3 sdm susu bubuk dan 1 sdt baking powder.

Kedua:
Panaskan oven. Mixer mentega dan 1 cup gula pasir sampai warnanya pucat. Masukkan Ā½ sdt emulsifier dan 1 sdt vanili. Masukkan 4 butir telur satu persatu. Jika sudah terlihat mengembang, kurangi kecepatan kmd masukkan tepung yg sudah dicampur dg bahan lain, sedikit demi sedikit sampai habis. Tambahkan kecepatan dan mixer selama Ā± 3 menit.

Ketiga:
Tuang adonan ke loyang yg sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung. Selanjutnya step ini opsional, bisa diskip: buat pola batik di atasnya dg mencampur 3 sendok adonan dg 1 sdt coklat bubuk. Kacau dg tusuk sate. Foto adonan dg pola ada di foto sebelum ini dan saya masih saja gagal membuat pola itu muncul di tengah-tengah kue 😝😝
Yg terakhir, oven selama 35 menit dg suhu 160Ā°.

image

image

Tips:
1. Jika oven beda merk atau beda tipe, setting waktu dan suhu juga berbeda. Setting yg saya sebutkan di atas adl utk oven kecil dg api atas bawah.
2. Utk menghindari kue mengempis, setelah keluar dari oven, kue segera ‘ditumplak’ (ini apaaaaa bhs Indonesianya) šŸ˜€
3. Agar si Bolu Jadul tak nampak jadul, bisa dimodif dengan dioles butter cream kemudian taburi keju parut yang banyaakkkk. Voila!! Bolu Jadul biasa, jadi istimewaaa

image

Selamat mencoba!!

Iklan

2 thoughts on “Resep Kue Bolu tanpa Takaran Timbangan

  1. iya mba bener. Bikin bolu jadul begini lebih murah dan tetap enak. ah. šŸ™‚
    btway mba saya biasanya setelah tepung masuk ga dimix lagi. Pake aduk aja takut ga mengembang. Ternyata lebih bagus tetap di mixer ya? Wah..

    1. Hallooo mb Ira!! Makasih yaa sudah mampir. Tp ini saya cmn blogging di hape, namanya mb Ira kok gak bs nge link ke blognya ya?
      Minta alamat rumah, eh alamat blognya dong mb, biar aku jg bisa maen ke sana.. hihi

      Aku malah baru tau klo setelah tepung masuk, bisa gak dimixer lagi. Jd pengen nyoba caranya mb Ira. TFS yaa mb šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s