Hello World!! I’m Nawa Azkiya :)


To fulfill my own promise of publishing a special post about my newborn baby girl, so I write this post when I just have a few time while my cute baby asleep 😉

image
Nawa yang baru berumur 2 jam untuk pertama kalinya foto bareng kakaknya 🙂
image
Nawa ketika berumur 1 hari dan masih di rumah sakit

Alhamdulillah bayi mungil ini lahir pada tanggal 30 November 2014 sekitar pukul 14.35 WIB. Sesuai sunnah Rasul,  di 7 hari setelah kelahirannya, kami mengundang para santri untuk membacakan shalawat dan menyembelihkan dua ekor kambing. Satu ekor untuk Aqiqah dan satu ekor untuk memenuhi nadzar kami, yaitu karena kami telah dikaruniai seorang anak perempuan yang sehat dan cantik 🙂
Di saat yang bersamaan kami mengumumkan nama putri kami, yaitu Nawa Azkiya. Nawa artinya niat, sedangkan Azkiya artinya golongan orang-orang yang bersih hatinya. Panggilannya Nawa yaa 🙂
Nawa lahir dengan berat badan 3.2 kg dan panjangnya 49 cm di RSU Queen Latifa dengan proses kelahiran normal dibantu oleh dr Arum. Kebetulan dulu kakaknya juga lahir di RS tersebut. Proses kelahirannya lebih lama dan lebih sakit daripada proses kelahiran anak pertama di tahun 2008 dulu. Tapi alhamdulillah di kelahiran yang sekarang ini ASI langsung keluar, jadi di malam pertama setelah melahirkan, adek bayi gak begitu rewel. Beda dengan waktu melahirkan kakaknya dulu, 3 atau 4 hari setelah melahirkan, ASI baru keluar 😦

image
Nawa dapet kado banyak banget!! Dan betuulll ada yang ngiri *pukpuk si kakak* 😀
image
Ini yakin bundanya yang kecentilan sampe anaknya didandanin kayak gini!! haha 😛
image
Nawa di usia 2 minggu

Pola asuh bayi laki-laki dan bayi perempuan itu ternyata bedaaaaaa banget yaa!! Sampai sekarang usianya sebulan lebih, Nawa gak pernah rewel. Kalau bobo juga lelap gitu, gak yang bentar-bentar bangun, baik itu bobo siang ataupun bobo di malam hari. Pokoknya, saya gak pernah merasa kurang tidur walaupun punya bayi kecil. Masih bisa beres-beres rumah, masak, dan nyuci seperti biasanya. Kadang kalau lagi pengen ‘manja-manjaan’ sama si Zen, saya juga masih sempat nyuapin dia makan di sore hari 🙂

Oiya, Nawa juga dapet kiriman kado dari teman-teman blogger nih. Kado buku ‘Guess How Much I Love You’ dari mak Sondang dan kado baby bouncer dari tante Novi. Kalau buku ‘Mengenal Beragam Kereta Api’ itu kado untuk kak Zen dari ibu bagindaratu. Makasih mamak!! Makasih tante!! Makasih ibu!! :*

image

image

Kemarin tanggal 4 Januari 2014, Nawa genap berusia 35 hari atau kalau dalam tradisi Jawa disebut selapanan. Karena di kampung sini masih kental tradisi Jawa nya, maka kami juga mengadakan acara Selapanan tersebut, yaitu diawali dengan membagikan sedekah kenduri pada 105 kepala keluarga, membuat tumpeng robyong dan tetesan dan yang terakhir mencukur gundul rambutnya Nawa 😀

image
tumpeng robyong
image
Tradisi Tetesan (harus disensor) 😀

Tetesan itu kata dari bahasa Jawa dengan kata dasar tetes (huruf ‘e’ dibaca seperti membaca huruf ‘e’ pada kata ‘lelah’). Tradisi ini seperti halnya sunatan pada anak laki-laki. Tujuan dari tradisi ini adalah sebagai ruwatan atau tolak bala bagi si anak agar hidupnya bahagia di masa datang. Dengan dipotongnya kunyit, berarti upacara menghilangkan sukerta si anak telah selesai. Terlepas dari sudut pandang agama dan terlepas dari percaya atau tidaknya kami dengan makna dari tradisi ini, kami hanya menjalankan prinsip dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Karena kami adalah warga baru di sini, maka sebaiknya kami mengikuti saja tradisi yang sudah berjalan di kampung ini. Bagi saya pribadi, ada kesenangan tersendiri ketika mengikuti prosesi ini 🙂

image
dicukur gundul 😀
image
Setelah dicukur, kepalanya Nawa 'dibungkus' daun Dadap Serep yang sudah dibasahi terlebih dahulu

Mencukur bayi yang baru lahir itu sebenarnya termasuk sunnah dan dianjurkan juga jika dilihat dari segi medis karena tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di kepala bayi selama di dalam kandungan.
Anyway, sekarang Nawa sudah tambah endhut!! Berat badannya sudah 4,8 kg dan udah gak muat lagi pake popok bayi 😀

image
Pertama kalinya Nawa pake celana pendek. Kayak cowok yaa 😀
image
Rok dan sepatu rajutnya kado dari mba Itha di Bandung. Dia adalah pembaca blog bundamuna 🙂

Last but not least, I just wanna say thanks to Allah SWT for this wonderful blessing. Nawa Azkiya is our dream that comes so true. Many thanks too for our big family and our friends!! Because of your sincere pray, we can reach our hope. Once again, thank you 🙂

Posted from WordPress for Android

Iklan

22 thoughts on “Hello World!! I’m Nawa Azkiya :)

  1. Welcome to the world, baby Nawa 🙂
    Semoga tumbuh menjadi anak yg sholeh, baik hati, pinter, cantik dan selalu bisa jd pelipur lara orang tua 🙂

  2. Hallo Nawa… Ih… cantik banget mba. Apalagi yang foto terakhir…
    Comment yang sama kalau lagi komen ke blognya Mba Nella,… ade Nawa buat saya aja. gemes… hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s