Sakit


Saya masih inget waktu suami pernah tanya kenapa saya akhir-akhir ini sering banget sakit, sembuh dari sakit ini, ganti sakit yang lain. Waktu itu spontan saya jawab santai, kalau memang sakit yang saya rasakan itu dari Alloh, saya ikhlas. Semoga dengan perantara rasa sakit itu, Alloh Mengampuni beberapa dari banyaknya dosa-dosa saya. Walaupun demikian, saya tetep dong berusaha untuk sembuh dengan lebih tertib mengatur pola makan dan istirahat, juga minum obat tentunya.

Hanya saja, rasa sakit itu baru terasa beratnya ketika saya harus tetap berpuasa Ramadhan dan bekerja. Sekedar mau review saja, sakit apa saja saya selama sebulan terakhir ini dan karenanya saya sudah tiga kali mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter.

Diare

Semua orang pasti tau banget gak enaknya sakit yang satu ini. Diare yang saya rasakan ini bukan diare yang ringan. Sakit perutnya minta ampun rasanya. Pokoknya badan ini sampai lemes. Setelah sekitar seminggu awal Ramadhan baru saya dinyatakan sembuh total dan insyaAlloh semua bakteri-bakterinya udah mati. Puasanya? Walaupun penuh perjuangan tapi alhamdulillah lancar.

Flu Berat

Flu itu setau saya adalah gabungan dari pusing, batuk dan pilek. Selama dua minggu di sekitar minggu kedua dan ketiga Ramadhan saya sakit flu berat. Pusingnya masih bisa diobati pake minyak gosok biar gak batal puasanya, tapi batuk pileknya itu yang agak mengganggu. Pilek sih biasa, paling pol cuman harus bawa tissue kemana-mana buat lap ingus yang tiba-tiba meler pas ngajar atau pas ngobrol dengan teman. Batuknya yang gak ketulungan. Batuk kalau intensitasnya ringan atau sedang masih lumayan. Nah, batuknya saya itu yang tipe sekalinya batuk gak bisa berhenti gitu, sampai keluar air mata dan keringat dingin. Kalau gak salah dengar, batuk trojan namanya. Alhamdulillah puasa tetep jalan meski flu berat mendera.

Anemia

Setelah flu beratnya udah hampir sembuh, kemaren-kemaren ini ngerasa gejala mau anemia, langsung deh tiap sahur minum kapsul penambah darah. Eh ternyata gak mempan, H-4 lebaran akhirnya saya putuskan untuk membatalkan puasa karena tekanan darah cuman 100/60. Rasanya kepala pusing banget, demam, dan lemes. Merasa nyesel banget setelah batalin puasa, karena setelah saya makan kemudian minum obat ternyata badan jadi seger dan sehat. Berarti tadi pusingnya karena saya puasa dong yaa. Maka dari itu, begitu kemarin ini sakit kepala saya kambuh lagi, saya bersi keras untuk gak mau batalin puasa, saya akan berjuang sampai titik darah penghabisan. Waktu itu badan menggigil demam, kepala serasa dipukul-pukul, tulang persendian serasa mau lepas, dan perut mual. Sekitar 6 jam saya berjuang dan alhamdulillah saya berhasil menahan sakit sampai bedug, kemudian makan, baru ke dokter. Hari ini kondisi badan sudah enakkan maka saya pun berniat puasa dan ikut sahur. Semoga puasa yang tinggal dua hari ini bisa saya lalui dengan lancar, amin.

Kemarin sepulang dari dokter, saya (semoga bukan riya’) bener-bener sedih dan menangis ketika menyadari bahwa Ramadhan ternyata tinggal dua hari lagi. Rasanya sebulan berlalu dengan sangat cepat dan saya belum maksimal mengisinya dengan ibadah. Sholat tarawih masih banyak bolongnya, sholat lail juga jarang, baca Al Qur’an belum khatam, sodaqoh juga gak seberapa banyaknya. Saya merasa kalau saya lebih fokus ke sakit yang saya derita daripada ke ibadah di bulan Ramadhan 😦

Ya Alloh… ampunilah hambaMu yang keterlaluan ini dan hamba mohon dengan sangat, pertemukanlah hamba dengan bulan Ramadhan tahun depan dalam kondisi badan yang lebih sehat dan dengan iman dan taqwa yang lebih baik dari tahun ini, amin.

Iklan

28 thoughts on “Sakit

  1. jangan banyak pikiran dong muna.. jalani hari dengan indah, otomatis ga mikir sakit deh.. semoga selalu sehat ya muna.. maaf lahir batin, lebaran bentar lagi..

    1. duh.. dpt wejangan penting nih dr mba Tin.. oke deh mbak, aku kudu positive thinking trs yaa..
      sama2 mbak, mohon maaf lahir dan batin jg ya, aku yg lbh muda pasti lbh bnyk salahnya *sungkem*
      lebaran jd ke Jogja kan? tgl brp mbak?

  2. gak pa2 bunda, kan emang ada keringanan utk org sakit utk tdk brpuasa. Insya Allah lain waktu diganti. Semoga sakitnya bunda yg kmrn2 sbg penghapus dosa.

  3. ah bunda… sakitnya diborong gitu.
    moga lekas sembuh ya bunda…
    katanya… sakit itu pengingat dari Yang Di Atas untuk kita – untuk beristirahat sejenak. jangan-jangan bunda kurang ya istirahatnya, jadi diingetin tuh.

    1. kalo sayuran sama buah udah tiap hari mbak, mungkin bener kata Ryan, kurang istirahat.. mungkin bnr jg kata mb Noni, faktor stress kan jg pengaruh
      Semoga mb Nella sehat trs, mau di Jerman ataupun di Indo πŸ™‚

  4. pola hidup sehat, makan teratur dan banyak minum air putih.
    itu sih kata dokter bukan saya, saya dalam proses yg ternyata susah dijalani pola tersebut.
    musim hujan telah tiba, jaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s