Memeluk Gelapnya Gua Rancang Kencana dan Merengkuh Indahnya Air Terjun Sri Gethuk


Pertamanya males-malesan aja saya begitu dapet undangan dari paguyuban wali murid kelas VI untuk ikut mendampingi anak-anak piknik. Pertama, karena undangan hanya berlaku untuk satu orang (gak bisa ngajak Khadziq dong yaa). Kedua, karena destinasi wisatanya kurang begitu menarik soalnya saya baru pertama kali denger, yaitu ke Gua Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, dan Kolam Renang apaaa gitu saya lupa namanya *ditoyor ketua paguyuban πŸ˜€

Jadi gimana gitu waktu teman saya yang ngajar di SD Islam (swasta) di Jogja cerita kalo piknik kelas VI di sekolah tempat dia mengajar adalah ke BALI!! Iyaaaa ke BALI… huhuhu *mupeng 😦

Tapi karena wali kelas VI itu adalah teman baik saya dan dia memohon agar saya bisa ikut *gak sampai memohon juga kaleee haha πŸ˜› akhirnya ikutlah saya mendampingi anak-anak.

Biar plesirnya jadi semangat, saya browsing dulu dong tentang tempat-tempat tersebut di atas, biar tau nanti medannya seperti apa dan punya gambaran tempatnya kayak gimana. Kalau cuman diceritain sama pak guru yang berangkat survey, kurang mantep rasanya.

Saya usulkan juga ke bapak-ibu guru senior untuk bikin kaos seragam biar tambah seru kita nanti pikniknya *usul macam apa ini πŸ˜€

Ehkokyaaa beliau-beliau pada setuju aja!! Kita design bareng-barenglah kaos itu, karena waktunya udah mepet, tinggal dua minggu lagi, maka acara design kaos ini sedapetnya aja gitu. Saya dan teman saya pun harus pake acara mbujuk-mbujuk masnya yang bikin kaos biar kaos kita bisa dijadiin cepet, at least dua hari sebelum kita berangkat. Tapi ternyata masnya ingkar janji!! *korban PHP hahaha πŸ˜€

Kaos kita jadi tepat sore hari sebelum paginya kita berangkat piknik! Yasutralaaahhh.. kita semua pada pake kaos yang baru keluar dari pabrik dan belum dicuci!! hahaaha πŸ˜›

guru-guru
kanan-kiri: guru TIK, guru kelas III, guru kelas V, bapak kepala sekolah, guru kelas IA, bundamuna πŸ˜‰
guru kelas IB, guru kelas VI, guru agama Islam, guru agama Katolik. Guru-guru yang lain tidak bisa ikut serta karena ada acara keluarga

Perjalanan dari sekolah menuju tempat wisata yang pertama membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dan takjubnya saya, pemandangan selama perjalanannya itu loh yang subhanalloh… saya berulang kali hanya bisa berdecak kagum dengan keindahan alam ciptaan Allah SWT. Dengan jalan menanjak yang berkelok-kelok, kanan-kiri jalan adalah hutan-hutan yang masih perawan, dan beberapa pemukiman penduduk dengan bangunan rumah yang masih sangat tradisional. Hingga sampailah kami di tujuan wisata yang pertama, yaitu Gua Rancang Kencana.

wpid-gua-1.jpgΒ wpid-gua-2.jpg

wpid-gua-3.jpgΒ wpid-IMG-20130518-WA0003.jpg

wpid-gua-4.jpgΒ wpid-gua-5.jpg

wpid-gua-6.jpgΒ wpid-gua-7.jpg

wpid-gua-8-1.jpg
bundamuna dan bu Yani wali kelas VI πŸ˜€

Setelah puas melihat-lihat isi gua dan istirahat untuk makan siang nasi kotak, kami melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan wisata yang ke dua yaitu, Air Terjun Sri Gethuk yang hanya terletak sekitar 5 km dari Gua Rancang Kencana. Air terjun ini merupakan obyek wisata baru di kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, maka di sana-sini masih terdapat pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana tempat wisata. Dari tempat parkir menuju air terjun, kita harus jalan kaki sekitar 1 km, agak capek sih yaaa.. tapi begitu sampai di air terjunnya, rasa capek itu akan segera terbayarkan!!

wpid-IMG-20130518-WA0006.jpgΒ wpid-sri-gethuk.jpg

wpid-IMG_20130518_115554.jpgΒ wpid-IMG_20130519_075952.jpg

Dan seperti biasa, muncullah kenarsisan yang terpendam dalam hati sanubari saya… hahahaha πŸ˜›

wpid-IMG_20130524_1.png Β Β wpid-IMG_20130519_080559.jpg

wpid-IMG_20130518_145438.jpgΒ wpid-IMG_20130518_165325.jpg

wpid-IMG_20130518_114451-1.jpg
narsisnya gak ketulungan!! heuheu πŸ˜€

Setelah saya puas bernarsis-narsis ria dan anak-anak puas mainan air, lanjutlah kami ke destinasi yang terakhir yaitu ke kolam renang!! Waktu itu saya heran banget, yakin heran!! Udah di air terjun anak-anak basah-basahan mainan air, ehkokyaaa di kolam renang masih pada nyebur juga!! Mana siang itu sedang hujan lumayan agak deres loh yaaa…

wpid-IMG_20130518_150927.jpgΒ Β wpid-IMG_20130518_150915.jpg

wpid-IMG-20130524-WA0000.jpg
design kaos Dewan Guru SD Panggang bertuliskan aksara Jawa yang dibaca ‘Trah Pawiyatan Dasar Panggang 2013’ πŸ™‚

Bapak-ibu guru dan dewan sekolah sih nunggu di gazebo aja, sambil makan batagor dan ngopi πŸ˜€

Sepulang dari kolam renang, kita gak langsung β€˜turun gunung’ tapi mampir beli oleh-oleh dulu. Namanya juga di gunung kidul, oleh-olehnya yaaa cuman gathot, thiwul, walang (belalang) goreng, dan makanan khas lainnya yang saya gak begitu suka.

Β wpid-IMG_20130518_154945.jpgΒ wpid-IMG_20130518_155051.jpg

wpid-Foto-1417.jpg
gambar thiwul saya captured di rumah dan sudah ditaruh di atas piring, aslinya ditempatkan di besek (anyaman bambu)

Setelah puas belanja, karena belum sholat ashar, kita mampir dulu di warung bakso Baskom (Bakso Komplit) yang letaknya di Jl Wonosari kilometer berapa gitu, pokoknya sebelah baratnya Kids Fun. Di warung bakso yang luaaaaasss banget itu kita mampir sholat Ashar sekalian Maghrib (gimana sih ini) soalnya udah jam 5 sore lebih gitu, jadinya selesei sholat Ashar udah adzan Maghrib aja *dijitak malaikat 😦

Selesei sholat Sarib (Ashar dan Maghrib) kita makan yang hangat-hangat tentunya. Ada yang pesen bakso, mi ayam, soto, dan karena saya sedang β€˜puasa’ makan bakso, pesen soto aja deh! Lumayan enak soalnya gratisaaaannn… hahaha πŸ˜›

wpid-Foto-1416.jpg

Pas adzan Isya’ berkumandang pas busnya nyampe di sekolahan. Alhamdulillah…

Gak nyesel deh pokoknya ikut mendampingi anak-anak piknik kali ini!! utk yang tahun depan semoga saya diajak lagi yaaa… *modus πŸ˜€

54 thoughts on “Memeluk Gelapnya Gua Rancang Kencana dan Merengkuh Indahnya Air Terjun Sri Gethuk

  1. haha seruu, Mba!..tahun depan ajak saya juga doonk *ditoyor kepala sekolahnya* πŸ˜€ πŸ˜€
    saya jg pgn ke Sri Gethuk tp blm kesampaian nii..padahal mumpung masih baru kan blm ramai..

    1. semoga tmn2 gak klik link di atas… huhuhu…
      foto-fotoku jd keliatan biasa aja!! 😦
      unfortunately, aku ke situ pas aliran air sungainya meluap dan airnya keruh, jd gak bs naik kapal..

      1. oh ya baru ingat, kemarin mau diajak teman kesitu. asal usulnya daerah situ katanya dulu ada penjual gethuk terkenal bernama mbak sri ya,,,, yang bener gmn mbak itu critane?

      2. orang jogja jg ya mbak/mas?
        aku malah kurang tau asal-usul nama sri gethuk itu…
        yg aku tau, dulu air terjun itu tempatnya ‘wingit’ dan hanya orang-orang tertentu yg berani ke situ..

  2. aku suka air terjun…..di Malang juga ada yang untuk kesana harus jalan jauh melewati perbukitan untuk menemui air terjun yang…Subhanallah cantiknya…….

    sayang ya air nya lagi coklat gitu….. kalau aku sih mending ikutan tamasya yang deket gini Bun. Dari tempatku aja Bali udah jauhhh apalagi dari Jogja ya! πŸ˜›

    1. iisshhh… aku blm prnh ke Malang mbak Luk, piknik luar kota cmn br pernah ke Bandung.. itupun study tour jaman SMP 😦

      Itu yg airnya keruh cmn sungainya kok, klo waterfallnya bening bgt!! anak-anak pd mandi di bawah air terjunnya πŸ™‚
      hiyaaaa… mbak Luk ngomong gt seolah Jogja-Surabaya itu jauuuhhhh bgt!!! hahaha πŸ˜›

  3. Wahh. Ngiri….
    Waktu ke Yogyakarta dulu, destinasi terbatas sih soalnya kan ngejar waktu juga. Tempat yang didatangi juga ga banyak, berasa ga puas hehe..
    Insyaallah kalo ada kesempatan lagi mau deh kembali mengitari Yogyakarta. πŸ˜€

    1. Ani pernah ke Jogja yaa.. destinasi wisata di sini emang bnyk bgt sih ya, jd musti bnrΒ² diperhitungkan mau kemana aja klo waktunya terbatas. Semoga lain kali bs mampir ke Sri Gethuk yaa πŸ™‚

  4. wisata alam emang mengasyikan mbak Mun,,,, udaranya seger bebas polusi. pemandangan alamnya benar benar alami….

    tapi kapan saya bisa ke sana hehe…..

      1. masa sih? disini ada kok Mbak bun *ngeles hahaha..
        iya dong acara nya ngapain aja sih nomor 2, yg penting nampang dulu *toss hahahahah
        mbakbun, cek DM kuh ya x)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s