Tak Ada Kata Terlambat untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat


Semenjak operasi dan opname beberapa bulan yang lalu, saya mulai berkomitmen pada diri saya sendiri untuk lebih menjaga kesehatan. Pertamanya tentu saja sulit, sangat sulit! Sempat hampir nyerah juga. Baru sekitar 2 bulan terakhir saya merasa 80% berhasil. Keberhasilan itu di antaranya adalah:

1. Berevolusi menjadi herbivora 😀

Maksudnya, tiada hari tanpa makan sayuran. Pokoknya kalau masak harus ada sayuran.
imageSelain menyehatkan dan mudah didapatkan, sayuran itu harganya terjangkau. Mengolah sayur itu sangat mudah. Paling simple yaa direbus atau dikukus. Tapi katanya paling bagus itu dikukus karena vitaminnya gak larut di air.
imageSaya paling suka tuh brokoli kukus ditaburi lada hitam.

image
Bayam! Menu sayur andalan dan selalu tersedia di kulkas. Paling sering dimasak sop soalnya gampil banget dan Khadziq juga suka 🙂

Selain sayuran, buah juga gak kalah pentingnya. Saya mulai terbiasa sarapan sebutir apel atau pisang setiap pagi.

image
Sebelumnya, bangun tidur saat perut masih kosong minum segelas air putih dulu dan segelas air putih yang sudah dicampur 7 tetes madu propolis.

image
Buah-buahan segar sering juga saya buat salad buah. Nah, untuk makanan ini cuman saya yang doyan 😉
image
image

Suka juga untuk buah seperti alpukat, sirsak, orange, dan lainya dibikin jus. Saya lebih suka kalau ngejus itu sekali tapi banyak sekalian terus disimpen di kulkas. Daripada beli jus instan yang satu literan itu, lebih bagus bikin sendiri.. tanpa pengawet dan pewarna, takaran gulanya juga bisa sesuai keinginan kita. Kalau saya suka yang gak terlalu manis soalnya saya kan udah manis *dilemparin botol bekas 😀

image

2. Mengurangi makan nasi

Ini sih karena memang saya dari kecil itu paling susah kalau disuruh makan nasi, jadi gampang aja kalau sekarang musti jauh-jauh ama yang namanya nasi putih. Selain itu, beberapa hari yang lalu ternyata abah saya mulai diet nasi putih dan menggantinya dengan nasi beras merah. Begitu nyicip kok saya langsung jatuh cinta!! kyaaaaaaa… 😀
image

Boleh deh besok mulai konsumsi beras merah juga karena beras jenis itu rendah gula. Keluarga saya dari keluarga abah memang ada riwayat diabetes. Sungguh, mencegah itu lebih baik daripada mengobati!

image

Saya sudah sangat terbiasa untuk gak makan nasi. Perut sudah cukup kenyang hanya dengan makan sayur rebus, tahu atau tempe kukus, dan sambel kacang. Alhamdulillah 🙂

image

3. Say No to Junk Food!

Yang satu ini nih yang paling susah. Kita itu rasanya udah bener-bener ada semacam keterikatan sama yang namanya junk food atau makanan cepat saji atau makanan instant. Untuk point ini saya baru bisa sekedar mengurangi, belum bisa untuk meninggalkan.

image

Kadang yaa.. untuk mengurangi rasa bersalah karena udah masak junk food, biasanya saya campuri dedaunan.. hehe.. Kalau untuk gorengan, saya mulai terbiasa untuk goreng sendiri alias gak beli di pinggir jalan yang kadang minyaknya udah item itu 😦

4. Bye bye ayam broiler dan telur ayam negri!

image

Nah, yang ini saya udah bisa nih untuk gak makan keduanya, yaitu menggantinya dengan ayam dan telur ayam kampung. Kalau teman-teman baca bahayanya ayam potong, mungkin teman-teman juga mulai mikir-mikir lagi kalau mau mengkonsumsinya. Kalau lagi pengen makan ayam, saya lebih memilih ayam kampung. Kebetulan bulik saya, adik kandung ibu, ada yang punya warung makan yang menjual ayam kampung bakar maupun goreng. Pokokmen, rasanya juara! 😀
Buat temen-temen kalau sedang plesiran di Jogja musti mampir ke warung makan bulik saya ini. Dijamin gak nyesel deh. Bulik saya konsisten untuk selalu pakai minyak baru tiap goreng ayam kampungnya. Beliau udah punya ‘penadah’ untuk minyak bekasnya. Makanya gak heran kalau warung makannya selalu rame. Kapan-kapan saya mau review deh warung makan milik bulik saya ini.
Alamat lengkap ‘RM Lesehan Demakijo’ milik bulik yaitu di Jl Godean km 5 Modinan Demakijo, depan kantor pos Banyuraden, utara jalan 🙂

Kalau anggaran belanja sedang gak cukup untuk beli ayam yaa diganti beli ikan laut atau ikan air tawar yang lebih murah dan proteinnya justru lebih tinggi.

image

5. Mulai lagi pancal pedal sepeda

Ya, olah raga! Belum bisa rutin sih, tapi udah mulai membiasakan diri tiap minggu pagi untuk rutin bersepeda. Atau paling mulai membiasakan diri kalau pergi ke tempat-tempat yang dekat, ke warung, ke rumah mertua atau ke rumah simbah gak perlu naik motor, tapi ngonthel 😀

Alhamdulillah suami sangat mendukung dan beberapa hari yang lalu dia membelikan saya sepeda baru! Review sepeda Polygon Sierra AX 24 ini di postingan selanjutnya aja yaaa.. hihi

image

Jadi kepikiran, kapan-kapan mau naik sepeda ke sekolah berangkat ngajar 🙂

PS: Kadang semua komitmen di atas jadi ‘berantakan’ saat ada teman atau saudara yang traktir makan! haha 😛
Ini saya bukan diet yaaa.. dengan tinggi badan 150 cm dan berat badan 45 kg, apa jadinya kalau saya diet 😀

Iklan

70 thoughts on “Tak Ada Kata Terlambat untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat

  1. hore hidup sehat..
    ehtapi kalu kebanyak ngejus, kan vitamin hilang tuh kalu kelamaan disimpen? mending bikin secukupnya buat semua dan langsung minum, dan kalu pengen lagi tinggla blender lagi, emang cuma ribet mencucinya sih..
    daku kalu ngejus ga pake gula lagi loh.. cukup manisnya buah..
    mayones juga bikin sendiri, cukup dengan satu putih telur untuk seminggu.. kacang ga pernah bikin, karena daku alergi..

    1. benar sekali! kalo ngejus (buah / sayur) langsung habiskan, jangan lebih dari 30 menit karena mereka gampang sekali teroksidasi. ketika teroksidasi, enzym-nya rusak. jus yg teroksidasi itu malah menjadi “beban” di pencernaan kita. so lebih baik jangan disimpan di kulkas.

      ngejus juga tidak perlu dengan gula. hindari gula karena buah sendiri sudah mengandung fruktosa (gula buah), sementara enzym sayur kalo dikasih gula malah rusak.

      1. gitu yaaa mbah Red?! brarti selama ini aku salah dong..
        habisnya.. ribet nyuci blendernyaa sih.. *dasar pemalas 😀
        makasih mbah Red utk kritik dan sarannya!! musti berusaha keras lg nih demi hidup sehat.. 😉

      2. krn ayam potong itu 80% mengandung obat kimia Yisha.. ayam2 itu seolah dipaksa utk gemuk dlm jangka wktu tertentu utk cpt bs ‘dipanen’! Paling gak disarankan utk dikonsumsi yaitu bagian sayap, paha, dan kulitnya.. utk lbh lengkapnya Yisha browsing sendiri yaa 😉

    1. gak kok mbak.. cuman 1.8 jt
      sepeda langka itu mbak kalo di Jogja 😦
      sebenernya yg bagus itu yg seri ax 26, mbak Non cocok tuh pake yg itu, agak gedean drpd punyaku yg ax 24, yang mini.. cocok buat aku yg orangnya mini jg 😀

    1. hahaha… dicoba dulu Mita..
      ganti singkong atau jagung kan bisa..
      mbak paling suka tuh singkong yang diparut kasar trs dikukus, atau jagung rebus juga uenaaaakkk 😀

  2. Semoga istiqomah, tetep sehat2 ya… Ayooo sesepedahan….teteh mah kemana2 naik sepeda, kadang salut sama nenek2 disini banyak yg masih naek sepedah 🙂
    Di indo, pengganti daging banyak, tempe tahu… Disini susaaah cari tempe, rebutan 😀

    1. amin.. makasih teteh.. itu yg paling sulit yaa teh, istiqomah 🙂
      kenapa teteh gak buka usaha prodksi tahu/tempe aja? hehe
      masih ada ikan atuh teh.. atau jgn2 di sono ikan muahal yak?!

      jadi pengen sepedaan ama teteh…

    1. alhamdulillah semua hasil masakan dan jepretanku sendiri.. hihi
      aku paling suka posting pake banyak foto gini..

      eh, yg sop ikan itu bukan masakanku ding asmie!! itu lg makan di resto 😛

  3. kalo mau lebih lengkap, pelajari deh food combining. sarapan hanya sebutir apel/pisang itu sangat kurang dan lebih baik di pagi hari exclusive hanya buah2-an aja sampai jam 11 siang.

    jus buah yang instan itu abal-abal dan lebih baik semua produk yg dikalengkan, dikemas, dari pabrikan atau diolah terlalu lama harus dijauhkan dari menu sehari-hari

    untuk sayuran, yang paling ideal adalah mentah. saya sudah memblender beragam sayuran mentah selama 5 bulan terakhir ini. rasanya tidak ‘langu’ kok, ini resep saya:

    2 brokoli, 1 peterseli, 1 lettuce, 1 tomat, i iket selada, 1 wortel (diblender 2 sd 3 kali sehari), dan dihabiskan dalam 15-30 menit. makan dengan perlahan, campur dengan saliva/air ludah dan tidak terburu-buru menelan. jangan lupa semuanya direndam dalam air garam/ cuka aple dulu untuk membilas sisa2 pestisida/herbisida/insektisida. lebih baik kalo produknya organik.

    untuk nasi, saya batasi, biarpun itu datangnya dari beras merah. sayur mayur sendiri adalah sumber karbohidrat yang mumpuni dan gampang cerna (tapi tidak banyak yg tahu)

    hidup sehat itu mudah dan murah :mrgreen:

    1. waaahhh… lengkap banget!! makasih mbah Red utk ilmunya..
      iya, aku udah ada rencana beli buku tentang FC itu, yg pernah direview ama mbah Red kan..
      sekali lg, makasih… 🙂
      semangat hidup sehat!!

    1. geleng-geleng kepala kalo dibarengi musik yg jedug-jedug gitu, asik kali yaa mas Dan!! huahahaha 😛
      amin… semangat hidup sehat! *mengepalkan tangan kanan ke udara 😀

    1. lebih keren yg komen dong… sering bgt jalan-jalan keliling Eropa ini… *tepuk tangan utk Dita *lebay 😀
      boleh ikutan, bonceng belakang yaa.. pegangan yg kenceng 😛

      1. haha.. dengan senang hati Dita.. semoga sehat trs dan rizkinya lancar yaa Dita.. biar gak cmn keliling Eropa aja, tp keliling dunia! amin..
        Next trip mau kemana? Jepang? Korea? Atau malah udah pernah? 🙂

    1. iya mbak Nella 🙂
      kalau tinggi dan berat bedan udah ideal, gak perlu diturunin mbak… yg penting sehat! saya mau makan banyak, makan dikit.. berat badan segitu aja, gak banyak pengaruh.. hehe

  4. makmuuuuuum Mbaaaak, hidup lebih sehat demi diri kita dan orang-orang yang kita cintai yah. Bagian paling sulitnya adalah konsistensi, butuh orang di samping kita paling nggak untuk sekadar mengingatkan 🙂
    saya paling suka tuh brokoli rebus, nggak ditaburi lada atau garam juga udah oke rasanya.

    1. kita hidup sehatnya berjama’ah yuuukk.. 😀
      bethul bgt!! tahap paling sulit adalah ketika memulai dan mempertahankan!!
      kita harus punya sistem kendali dalam diri kita masing-masing.. kalau aku sih begitu mau makan yg ‘gak sehat’ tinggal inget-inget rasa sakit pas masih ada tumor di tubuhku dan rasa sakit pasca operasi 😦

      aku tiap belanja sayur, brokoli bayem wortel itu wajib dibeli.. hehe

    1. Klo jd vegetarian mah susyaaahh.. hehe
      Saya msh makan daging kok.. suka sayur emang dari kecil, pembiasaan dan didikan ibu saya berhasil! 😉
      BB klo udah ideal ma tinggi badan, gak perlu diturunin 😀

  5. seriiing kepikiran “harus hidup sehat!” gini, tapi memulai nya susah. Makan buah masih jrang-jarang, makan junk food sering banget 😦 anyway thanks ya tips nya Bunda, jadi inspirasi juga ini..

    1. ‘every beginning is difficult’
      semua hal itu pada mulanya pasti sulit, apalagi untuk hidup sehat yaa.. sulit markulit kuntit!! haha *bahasa yg aneh 😀
      tapi tetep harus dicoba dong yaa.. mulai banyakin makan sayur dan buah trs kurangi junk food! udah itu aja dulu.. good luck yaa Suci! 🙂

  6. Duh…di sini agak2 susah nyari ayam kampung Na, dan lebih mahal kan ya biasanya? aku sebetulnya lebih suka seafood, tapi ci akang matahari tuh, sukka bgt ayam goreng..

    1. klo di Jogja masih banyak teh warung makan yg jual ayam kampung.. soto ayam kampung, bakmi jawa (pake ayam kampung), dan ayam kampung goreng/bakar 🙂
      lebih mahal dikit gpp, yang penting sehat! selisihnya jg cmn dikit kok sebenernya, gak nyampe 2x lipat, kalau di Jogja loh.. hehe
      aku jg suka bgt seafood teh! *toss
      cumi lombok ijo, udang goreng bumbu tepung, kepiting asam manis, ikan bakar… oh nikmatnya… 😀

  7. HIIIDUUUPPP GAK SUKA MAKAN NASIII!!
    *NasiHaters*
    huhahahahaha..
    eh tapi aku pernah nyoba nasi merah secuil di kosan temen, kok tetep aja gak enak ya mbak? Pokoknya gak doyan lah beras2an gitu.. doyannya kalo nasinya dikukus bareng bumbu lain, kayak nasi hainan, ato nasi uduk, nasi kuning masih okelah.. kalo polosan gak doyan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s