Lama Tapi Baru ‘The Sixth Sense’


the sixth sense

Gimana ya rasanya punya indra ke enam? Pasti pengen kan?! Begitulah kiranya pemikiran saya sebelum nonton film ini. Dengan punya indra ke enam, kita bisa melihat dan mendengar yang tidak bisa dilihat ataupun didengar oleh manusia pada umumnya. Tapi setelah nonton film ini, ditawarin gratisan pun (emang ada gitu yang mau nawarin :D) saya enggak bakalan mau yang namanya punya indra ke enam!!! hehe

 

Saya nonton film ini sekitar pukul 02:00 dini hari ketika insomnia melanda. Tanpa mengetahui sebelumnya bahwa film ini semi horor (karena pemeran utama pembantu diperankan oleh anak laki-laki yang ganteng dan cute banget, yaitu Halley Joel Osment kecil sebagai Cole Sear) saya puter filmnya di leptop kesayangan dengan volume full dan pakai headset tentunya. Ketika di beberapa scene muncul hantu-hantu yang bisa dilihat oleh Cole, bener-bener boooommmm!!! Dalam suasana sepi, dingin, sendirian, lewat tengah malam, dan dengan full volume, backsound mengerikan dalam scene-scene tersebut pun berhasil membuat bulu kuduk saya berdiri.

 

Pertamanya dr. Malcolm Crowe yang diperankan oleh Bruce Willis muda, seorang psikiater spesialis anak-anak, tidak percaya bahwa Cole Sear bisa melihat orang-orang yang telah mati atau ghosts. Sampai pada suatu hari dia memutar kaset rekaman wawancara salah satu pasiennya yang bernama Vincent, yang dulu  pernah mempunyai masalah seperti Cole. Dalam rekaman tersebut Malcolm medapati suara-suara aneh dan ketika volume tape dikeraskan, terdengar suara orang minta tolong dalam bahasa Spanyol,“No entiendes!! Yo no quiero morir!! yang artinya “Aku tak mau mati!”

 

Dr Malcolm segera menemui si kecil Cole dan mengatakan bahwa hantu yang sering menemuinya mungkin mereka hanya ingin menyampaikan sesuatu atau mereka ingin Cole melakukan sesuatu untuk mereka. Dengan penuh ketakutan akhirnya Cole mencoba apa yang dikatakan oleh dokternya itu. Di bagian inilah, scene yang paling menegangkan menurut saya. Seperti dalam kepercayaan yang saya anut, kalau kita seperti melihat atau bermimpi ketemu saudara, teman, atau keluarga kita yang sudah meninggal, kita tidak boleh takut karena sebenarnya mereka hanya minta didoakan.

 

Cerita dalam film ini berakhir dramatis dan memiliki twist ending atau ending yang tak terduga. Dalam film ini juga disampaikan pesan-pesan moral tentang cinta dalam keluarga. Cinta seorang ibu pada anaknya dan cinta seorang suami pada istrinya. Diceritakan bagaimana komunikasi dalam suatu hubungan itu harus benar-benar dijaga. Saat komunikasi tidak lagi terjalin dengan baik, maka lampu kuning tanda hati-hati akan segera menyala. Baik itu komunikasi antara suami dan istri maupun komunikasi antara orang tua dan anak-anaknya. Walaupun film ini sudah sangat tua, diproduksi pada tahun 1999 (umur saya baru 14 tahun berarti!!) dan sutradaranya mendapatkan enam nominasi Oscar, tapi karena saya baru menontonnya jadi film ini adalah film baru bagi saya *maksa 😀

25 thoughts on “Lama Tapi Baru ‘The Sixth Sense’

  1. tadinya aku ga mau nonton film ini, parno duluan gitu deh Na khawatir serem bgt. Pas udah lamaaaaa kan ada di TV, coba deh nonton, ternyata biasa aja ga serem2 bgt, jadi nyesel kenapa ga nonton dr dulu hahahahaha

  2. aku belum pernah nonton film ini secara utuh lho….pengen banget……
    itu, ko Arman aja sampe serem kalau di lift sendirian kalau inget film ini.
    ini kamu malah pake headset segala….hebat banget deh, kan malah jelasss tuh suaranya……aku kalau nonton udah bawa bantal dan pake jemari buat ngintip2 kalii

    1. haha… sebelumnya aku gak tau klo film ini horor… pake headset biar gak ganggu suami yg sedang tidur nyenyak di sebelahku (aku nontonnya di tempat tidur, di samping suami :P)
      dah terlanjur penasaran ma endingnya, aku lanjut aja sampai slesei…

      brarti Lulu blm tau endingnya ya?! wah rugi lohh.. endingnya bnr2 tak terduga 😉

  3. Hahaaaaa karena baru nonton jadi dianggap baru ya Bun 😉
    Aku udah lama nonton film ini, lupa ending nya imana. Jadi pengen nonton lagiii…
    Film horor yang lagi tayang sekarang tuh yang judulnya Mama, katanya serem banget loh! Pengen banget nonton itu tapi sayang di bioskop di jambi tempat ku belum adaaaa 😥

    1. Iyaaa… itu ko Arman dah disebut-sebut sama Lulu di atas.. makanya aku cari siapa ko Arman.. hihi

      Makasih yaaa mas dah mampir, jgn bosen yaa.. salam peluk buat Emma bear 😉

  4. hebat Bunda ini… pagi2 nontonnya ginian…
    btw dah pernah nonton The Hour belum Bunda? Nicole Kidman yang main. recommend dari saya deh.. tapi nontonnya juga harus spt nonton sixth sense ini ya.

  5. Ini emang film yang paling membuatku parno, padahal hantunya gak serem2 banget.. Tapi setelah nonton film ini, jadi merinding sendiri, kebayang-bayang mungkin di sekitar aku ada arwah2 org mati kyk gitu kali…

Tinggalkan Balasan

